Istana Maimun Medan

Fotografi Medan - Istana Maimun termasuk gedung bersejarah di Kota Medan yang masih utuh hingga sekarang dan menjadi salah satu Icon Kota Medan. Istana ini milik Kerajaan Kesultanan Deli. Terletak di pusat kota Medan, Jalan Brigadir Jendreal Kamtamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Desain gedung ini di rancang oleh arsitek dari Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al-Rasyid.

istana maimun kesultanan deli di kota medan
Istana Maimun.
 
Istana Maimun ini dikerjakan kurang lebih selama tiga tahun, terhitung dimulai pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891. Menempati luas area sebesar 2.772 m2 dan terbagi menjadi 30 ruangan. Gedung istana memiliki 2 lantai dan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian induk, bagian sayap kiri dan bagian sayap kanan.
 
hiasan ruang utaman istana maimun fotografi medan
 Salah satu sudut didalam gedung utama Istana Maimun.

kemegahan ruang utama istana maimun fotografi medan
 Kemegahan Istana Maimun.

Kemegahan istana maimun begitu terlihat saat kita mulai masuk ke dalam gedung utama istana, di dominasi dengan warna kuning sebagai warna kebesaran kerajaan melayu. Didalam Istana terdapat koleksi foto-foto sultan dan keluarganya, perabot rumah tangga Belanda kuno dan beberapa jenis senjata. Di depan Istana juga terdapat Meriam Buntung yang memiliki legenda tersendiri bagi masyarakat sekitar.
 
atap istana maimun fotografi medan
 Atap istana yang masih sangat terawat.

arsitektur gedung istana maimun bergaya eropa
 Arsitertur gedung bergaya eropa.

Arsitektur bangunan istana  merupakan perpaduan antara gaya arsitektur Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda dan Melayu. Gaya arsitektur Belanda bisa dilihat dari bentuk pintu dan jendela yang lebar dan tinggi, Pengaruh gaya arsitektur Timur Tengah bisa dilihat dari bentuk lengkungan\arcade pada atap gedung yang mempunyai ukuran tinggi sekitar 5 sampai 8 meter. Dan dipadukan dengan warna kuning sebagai warna kebesaran bangsa Melayu.
 
keindahan ruang utama istana maimun medan
Ruang utama Istana Maimun.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

0 komentar: